Ikrimah Dan Alam Ghaib

April 2, 2007 at 4:39 am Tinggalkan komentar

Telah banyak terjadi peristiwa-peristiwa aneh yang gaib dan ajaib atas diri manusia dari masa lampau sampai masa sekarang ini, seperti misalkan peristiwa gaib masa lampau yang dialami oleh Ikrimah anak Abu Jahal, bapak dan anak ini keduanya adalah orang yang sangat memusuhi Islam, Rasul dan kaum muslimin, Ikrimah dan Abu Jahal pernah menyiksa NABI bahkan Abu Jahal pernah melemparkan kotoran binatang kepada Nabi, saat Nabi sedang shalat, dan pernah sempat mencekik leher Nabi dengan niat untuk membunuhnya, dan ia pula yang menganjurkan orang Quraisy di suatu sidang Darun-nadwah agar Muhammad SAW dibunuh saja.

Pada saat terjadinya pembukaan negeri Mekkah oleh Nabi Muhammad SAW, Ikrimah dan Abu Jahal melarikan diri ke negeri Yaman karena takut oleh Nabi akibat perbuatan mereka kepada Nabi waktu itu. Istri Abu Jahal telah masuk Islam dan sudah kenal baik dengan Rasulullah SAW, iapun (istrinya) sempat menyusul anak dan suaminya ke negeri Yaman untuk diajak pulang kembali, akan tetapi Abu Jahal tetap menolak ajakan istrinya itu, malah puteranya (Ikrimah) bersedia ikut ibunya untuk menjumpai Nabi.

Peristiwa kedatangan Ikrimah ini sudah terdengar oleh Nabi dan Beliau (Nabi) menunggu dengan penuh harap. Akhirnya datanglah Ikrimah menghadap Beliau dan menyatakan masuk Islam, saking gembiranya sorban Beliau sempat jatuh tatkala Beliau melihat Ikrimah, dan berkatalah Beliau kepada Ikrimah dengan wajah berseri-seri dan ramah serta berlapang dada; “Selamat datang wahai penunggang kuda yang telah berhijrah!”

Musuh yang telah banyak berbuat jahat dan kejam kepada beliau telah disambut baik olehnya dengan tanpa mempunyai rasa dendam atau sakit hati sedikitpun juga. Rupa-rupanya kebaikan dan keramahan Nabi kepada Ikrimah ada sebagian dari kaum muslim yang tidak menyukainya, dan berniat membunuh Ikrimah diluar sepengetahuan Nabi, sambil menunggu waktu yang tepat.

Saat (waktu) yang tepat itupun tiba, karena selang tiga hari kemudian dari perjumpaannya dengan Nabi, hingga pada suatu malam Ikrimah pergi berjalan keluar sambil menunggang kudanya mengelilingi kota Mekkah. Akhirnya sampailah ia pada pinggiran kota, dan dalam kegelapan malam, ketika ia sedang larut dalam keheranannya menyaksikan pohon yang mengeluarkan cahaya kuning kehijauan itu, tiba-tiba saja dikejutkan oleh suara seseorang yang membentak, ketika ia lihat maka kagetlah ia karena dirinya telah dikepung oleh puluhan orang penunggang kuda yang mengenakan topeng muka sambil menghunuskan pedang kearahnya. Ia tidak tahu siapa mereka sebenarnya dan yang terlintas di pikirannya bahwa ia dalam keadaan terancam maka tanpa pikir panjang lagi diterjangnya orang-orang yang sedang mengepungnya itu, dan ia berniat melarikan diri dari mereka, saking paniknya ia salah arah dan lari kudanyapun mengarah (menuju) pohon yang bercahaya itu dan tanpa dapat dikendalikan lagi.

Iapun pasrah menghadapi kenyataan ini, akhirnya bertubrukanlah kuda yang ia tunggangi dengan pohon tersebut, akan tetapi ia sempat terheran-heran karena apa yang ia fikirkan dan yang ia khawatirkan bahwa akan terjadi benturan keras ternyata tidak, bahkan sebaliknya sepertinya ia sedang menerjang kabut tipis saja. Terlebih lagi ketika ia dan kudanya berdiri pada hamparan gurun padang pasir berwarna putih salju. Dalam keheranannya iapun menatap sekeliling gurun itu begitu luasnya, dan ia yakin bahwa gurun tersebut tidak ada ujungnya, dan anehnya lagi cuaca pada saat itu sangat cerah dan ketika ia menatap keatas dan mencari kesana-sini dengan pandangan matanya yakni matahari. Iapun semakin terkejut dan semakin bingung saja karena ia dihadapkan pada satu kenyataan bahwa matahari yang ia cari itu tidak terlihat olehnya (tidak ada). “Tetapi mengapa cuaca begitu cerah seperti siang hari ..? Sebenarnya dimana aku sekarang ini?” ia berkata pada dirinya sendiri.

Pada saat kebingungan dan keheranannya sudah mencapai puncaknya tiba-tiba saja ia dikejutkan oleh suatu suara yang memanggil-manggil namanya. Sumber suara yang selalu berubah-ubah itu, suara itu begitu menggema, dan rasa takutpun mulai menghantui dirinya, kemudian suasana mulai hening dan sunyi mencekam. Kuda yang ia tunggangipun sepertinya gelisah dan meringkik keras sambil mengangkat kedua kaki depannya, hampir saja ia terjatuh dari punggung kuda itu, dan pada saat ia berusaha mengendalikan kudanya agar tenang kembali ia dikejutkan oleh suara bergemuruh dari arah depannya, dan terbelalaklah matanya ketika ia melihat pasir-pasir berterbangan terbawa angin yang berputar dan menggulung sebesar gunung dan berjalan kearahnya sambil mengeluarkan suara gemuruh yang menderu-deru dengan amat kencangnya, iapun melarikan kudanya dan berusaha agar tidak terbawa angin yang menggulung tersebut, dalam kepanikannya itu ia melihat sebatang pohon yang daunnya rindang sama seperti yang ia lihat pada malam sebelum ia terdampar di gurun pasir ini, hanya bedanya pohon ini tidak mengeluarkan cahaya. Dan sepertinya hanya pohon itulah yang satu-satunya yang tumbuh di gurun pasir ini, maka dengan tanpa pikir panjang lagi dan secara naluriah ia diharuskan untuk menerjang pohon tersebut dan keanehanpun terjadi untuk keduakalinya.

Benturan keras yang ia duga bakal terjadi, tidak ia alami (tidak terjadi) bahkan ia merasakan seperti menbentur kabut saja. Ketika ia sampai dan tidak terdengar lagi suara gemuruh angin yang mengejar-ngejar itu, maka iapun secara otomatis memperhatikan alam sekelilingnya, iapun sangat terkejut ketika ia melihat Nabi dan kaum muslim lainnya telah berkumpul mengelilinginya, dan cuaca (suasana) kembali seperti semula saat pertama sebelum ia menerjang pohon yang bercahaya itu.

Lalu ia turun dari kudanya dan dipeluk oleh Nabi dan kaum muslim lainnya. Rupa-rupanya ketika Ikrimah terkepung oleh puluhan orang bertopeng itu, dan sirna begitu saja pada sebuah pohon, sampai membuat puluhan orang bertopeng itu ketakutan dan terheran-heran, akhirnya merekapun melapor kepada Nabi tentang peristiwa yang aneh itu dengan secara rinci dan jelas dengan tanpa ada yang mereka sembunyikan.

Merekapun meminta ma’af atas perbuatannya terhadap Ikrimah kepada Nabi. Akhirnya merekapun bersama Nabi mendatangi tempat dimana peristiwa itu terjadi, dan banyak dari kaum muslim lainnyapun yang berdatangan ke tempat tersebut dan mereka semua melihat pohon yang mengeluarkan cahaya tersebut, merekapun terheran-heran karena mereka tahu persis pohon tersebut sebelumnya tidak pernah ada di tempat itu.

Setelah Ikrimah menceritakan apa yang telah dialaminya kepada Nabi dengan didengarkan para kaum muslim lainnya, Nabi hanya mengatakan bahwa Ikrimah telah memasuki alam gaib dunia , yakni sisi lain dari alam nyata, Ikrimahpun diperintahkan mengucapkan syukur atas karunia Allah SWT, karena jika Allah SWT tidak memasukkan ia ke alam gaib mungkin saja Ikrimah Akan terbunuh oleh puluhan orang-orang bertopeng itu. ALLAH MAHA KUASA ATAS SEGALA SESUATU (innaka ala kulli syai’in qodiir).

Catatan :

Ikrimah setelah memeluk agama Islam iapun menjadi salah satu dari sahabat Nabi yang mulia, dan seorang pembesar Mujahiddin dan penakluk beberapa negeri serta dia pulalah sahabat yang banyak membawa riwayat hadits-hadits Nabi SAW. Mengenai pohon aneh tersebut dalam salah satu riwayat disebutkan adalah jenis pohon yang tumbuh di dekat makam Nabi Sulaiman bin Dawud As. dan pohon tersebut dinamakan pohon SALAMEQI (sanameqi) , dan menjelang subuh pohon tersebut hilang sirna begitu saja dengan disaksikan Nabi dan para kaum muslim pada hari dimana Ikramah keluar dari pohon tersebut. Dan sampai saat sekarang ini tidak ada satupun yang melihat pohon tersebut. Seperti tertelan langit dan bumi.

Iklan

Entry filed under: Hikayat.

Berpisahnya Roh Dari Jasad Jalaluddin Rumi – Penyair dan tokoh sufi terbesar dari Persia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


April 2007
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 621,145 hits

Top Clicks

RSS Umpan yang Tidak Diketahui

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

This website is worth
What is your website worth?
Add to Google

Syafii Photos


%d blogger menyukai ini: